Monday, September 30, 2013

ERP

30312014
PCA-12-01
RUANG LINGKUP ERP, ELEMEN ORGANISASI , MASTER DATA, TRANSAKSI

A.     ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
• ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk meng koordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
• Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular
·         Erp berfokus pada konsep seluruh sistem yang mendasari sistem SAP . Konsep-konsep ini , elemen organisasi , master data , transaksi , output, alur kerja , dan pelaporan , adalah elemen dasar yang dirancang dan dimanfaatkan untuk mewakili struktur perusahaan perusahaan dan proses bisnis dalam sistem SAP .
1.       Organizational elements
Struktur perusahaan Sebuah perusahaan dipetakan ke aplikasi SAP menggunakan elemen organisasi .
2.       Master Data
Dibuat terpusat dan tersedia untuk semua aplikasi dan semua pengguna resmi . Data master juga memiliki aspek organisasi karena informasi yang diatur dalam pandangan yang ditugaskan untuk organisasi elemen .
3.       transactions
Program aplikasi yang menjalankan proses bisnis dalam sistem SAP . Contoh termasuk membuat sales order , mengubah master pelanggan atau menampilkan penjualan perintah ' laporan daftar .
4.       output
Merupakan pesan dalam sistem SAP yang bisa dilepas secara manual atau otomatis . Contoh bisa fax pesanan pembelian kepada vendor atau mengirim konfirmasi pesanan kepada pelanggan .
5.       Workflow
Sebuah alat pendukung yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan . Langkah kerja dilakukan secara berurutan dapat otomatis untuk mengkoordinasikan arus informasi .






·         KONSEP DASAR ERP







                                                                 











B.     Master Data

•Suatu perusahaan multi-nasional tentunya memiliki data yang sangat kompleks dan beragam
•Perusahaan IDES menggunakan SAP, yang menggunakan sistem Master Data
•Perusahaan IDES sendiri memiliki hierarki/organizational elemen, karena itu Master Data juga memiliki aspek hierarki tersebut :
a.       Customer Master
Data mengenai customer, relasi antara perusahaan dengan customernya
b.       Material Master
Data mengenai material dan barang dagangan
c.       Personnel File
Data mengenai sumber daya manusia, digunakan oleh modul mySAP ERP Human Capital
Sebuah master pelanggan berisi informasi kunci yang mendefinisikan hubungan bisnis antara perusahaan dan pelanggan . Data kode perusahaan mengontrol posting prosedur dan pengolahan selanjutnya , seperti pembayaran dan dunning . Data organisasi penjualan menyediakan informasi pada pelanggan untuk eksekusi mendukung proses bisnis seperti memasukkan pesanan penjualan, pengiriman , penagihan , dan pembayaran pengolahan. " Struktur tiga - bagian " Pelanggan master diwakili oleh :
1 . Data yang umum: Data ini juga relevan untuk setiap kode perusahaan dan setiap organisasi penjualan dalam perusahaan .
2 . Data untuk Kode Perusahaan : Data ini mencerminkan perjanjian khusus perusahaan dengan pelanggan .
3 . Data untuk penjualan : Data ini memiliki karakteristik yang berbeda untuk organisasi penjualan perusahaan dan saluran
bahan Guru
Bahan master berisi semua informasi penting perusahaan perlu untuk mengelola bahan dalam organisasinya . Bahan utama mendefinisikan , antara lain , bagaimana sebuah produk dijual , diproduksi dibeli , diinventarisasi , dicatat , dan Scheme . Informasi dalam menguasai materi ke pandangan yang diselenggarakan oleh fungsi bisnis.
Personal Berkas
Berkas personalia adalah data catatan master digunakan terutama mySAP ERP Human Capital Management .

C.      Customer Master

•Relasi antara perusahaan dengan customernya
•Customer di sini tidak selalu berarti pembeli, bisa juga pihak lain penyedia bahan baku (supplier)
•Perusahaan manufaktur selain menjual hasil produksi juga membeli bahan baku dari pihak supplier
Terdiri dari 3 struktur penyusun, yaitu :
1.       General Data
Data tentang customer untuk seluruh bagian perusahaan
2.       Data for Company Codes
Data mengenai perjanjian khusus antara perusahaan dengan customer tertentu
Misal: perjanjian bundle software
3.       Data for Sales
Data penjualan


















D.     Material Master

•Data mengenai material dan barang dagangan yang ada di perusahaan
•Meliputi penjualan material, produksi material, penyimpanan, pencatatan dan perhitungan biaya produksi dan biaya penjualan
Berkaitan jg dengan Financial
•Pada umumnya data material berada di level Plant(Gudang/Pabrik)


E.      Personnel File

•Data mengenai pegawai/karyawan di seluruh tingkatan hierarki perusahaan
•Pada mySAP ERP HCM, hierarki jabatan di suatu perusahaan dipetakan dalam suatu tingkatan yang dinamakan Organizational Management.

F.      Transaction

•Business Process, merupakan kegiatan operasional perusahaan
•Meliputi proses produksi, pembelian bahan baku, perhitungan biaya produksi dan penjualan, proses penjualan dan proses-proses lainnya
•Untuk setiap transaksi, SAP akan membuat suatu dokumen/catatan untuk pencatatan transaksi dan mempermudah pengawasan
•Juga dicatat pada Financial / Akuntansi



G.      Organizational elements
Klien : klien adalah elemen tingkat tertinggi , itu merupakan perusahaan / kantor pusat kelompok .
· Kode Perusahaan : kode perusahaan adalah unit akuntansi hukum independen yang mewakili unsur organisasi sentral akuntansi keuangan . Kode copany juga merupakan hukum pajak ( nasional) pandangan perusahaan , kalender fiskal , mata uang lokal , dan persyaratan pelaporan pajak .
· Tanaman : Sebuah pabrik dapat memproduksi produk, mendistribusikan produk, atau menyediakan layanan , itu adalah unit organisasi sentra produksi .
· Penyimpanan Lokasi : Bahan saham dalam Manajemen Persediaan dapat dibedakan dalam satu tanaman sesuai lokasi penyimpanan .
· Penjualan organisasi: Penjualan organisasi adalah unsur organisasi sentral dalam manajemen pesanan penjualan yang mengontrol persyaratan penjualan kepada pelanggan .
· Saluran Distribusi : Saluran distribusi dapat digunakan untuk menentukan bagaimana produk yang berbeda menjangkau konsumen , misalnya, yang dijual.
· Unit Organisasi : Unit organisasi menggambarkan berbagai unit bisnis yang ada dalam suatu perusahaan. Seringkali unit secara longgar didefinisikan sebagai departemen fungsional atau regional , atau sebagai kelompok proyek , tergantung pada jenis organisasi .
· Posisi: Posisi adalah tugas individu karyawan dalam perusahaan .

H.     Jobs
Jobs berfungsi sebagai deskripsi, atau template , yang berlaku untuk beberapa posisi dengan persyaratan yang sama , tugas , atau karakteristik lainnya .
posisi
Posisi adalah tugas individu karyawan dalam perusahaan . Orang menempati posisi . Posisi A mewarisi karakteristik pekerjaan , tetapi Anda juga dapat menentukan karakteristik tambahan khusus untuk posisi itu .
orang
Orang memegang posisi dalam struktur organisasi . Orang mewakili karyawan di perusahaan Anda .
transaksi
Transaksi adalah program aplikasi yang menjalankan bisnis dalam sistem SAP . Bila mungkin , data master disalin selama proses transaksi , hal ini menghindari re -entry data . Misalnya , ketika menjalankan transaksi Buat Sales Order , pengguna harus memasukkan pelanggan . Demikian juga , setelah nomor materi master masuk untuk barang yang dipesan , data materi yang relevan akan disalin ke urutan penjualan


Referensi :
(Placeholder2p. 1) http://en.wikipedia.org
 (Placeholder3p. 1) http://yanuar.kutakutik.or.id/ngeweb/erp-masih-validkahditerapkan-
di-perusahaan/
(Placeholder1pp. 1-2)www.mikroskil.ac.id/~erwin/erp/00.ppt
(Placeholder1p. 4)Wawan, Falahah (2007), Enterpise Resource Planning:
Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi
Bisnis, Informatika, Bandung



No comments:

Post a Comment